ikedawds

Kebidanan & Kandungan

Seorang dokter kandungan yang spesialisasinya dalam kebidanan, dapat menangani semua aspek kehamilan. Mulai dari perawatan prenatal hingga perawatan pasca kelahiran. Seorang dokter kebidanan dapat membantu persalinan, sedangkan dokter ginekologi tidak. Dokter kebidanan juga dapat memberikan terapi untuk membantu wanita untuk hamil, seperti perawatan kesuburan.

Jika ibu hamil melahirkan bayi prematur, dokter dengan spesialisasi ini juga dapat memberikan panduan Neonatal Intensive Care Unit (NICU). Dokter kandungan juga memastikan wanita memiliki kehamilan yang sehat dan melahirkan bayi yang sehat. Dokter kebidanan ini juga dilatih untuk menangani komplikasi kehamilan, seperti:

  • Kehamilan ektopik
  • Tanda-tanda gawat janin.
  • Masalah plasenta.
  • Preeklamsia
  • Persalinan dengan operasi Caesar.

Setelah itu, dokter kandungan juga dapat membantu wanita pasca melahirkan dan menangani masalah-masalah yang rentan terjadi, seperti depresi pasca persalinan.

Tujuan Pemeriksaan di
Dokter Kandungan dan Kebidanan

Seseorang yang mendatangi OB/GYN biasanya untuk memeriksakan diri atau mengalami masalah terkait bagian tubuh wanita. Spesialisasi ini sangat berhubungan dengan masalah kesehatan yang paling penting pada wanita, seperti persalinan, menopause, dan masih banyak lagi. Tentu hal ini sangat penting dilakukan mengingat banyak masalah yang fatal bisa dicegah dengan pemeriksaan pada spesialis ini.

Persiapan sebelum Pemeriksaan
Kandungan dan Kebidanan

Ada beberapa hal yang perlu ibu siapkan sebelum melakukan pemeriksaan kandungan dan kebidanan. Nah, berikut beberapa hal yang harus disiapkan:

  • Memeriksa tanggal hari terakhir haid sebelumnya. Hal ini berguna untuk menghitung usia kehamilan jika benar dinyatakan hamil. Pastikan juga untuk mengingat gejala kehamilan sekaligus membawa hasil pemeriksaan kehamilan.
  • Menggunakan pakaian yang nyaman dan sesuai. Ada baiknya ibu memilih pakaian yang praktis dan terasa nyaman. Ada baiknya untuk menggunakan atasan terusan dan bawahan rok jika sewaktu-waktu dokter perlu melakukan USG transvaginal.
  • Siapkan daftar pertanyaan. Ibu bisa menyiapkan banyak pertanyaan sebelum bertemu dengan dokter kandungan agar semua kekhawatiran dan kebingungan yang ada bisa langsung terjawab. Catat dengan baik agar tidak lupa.
  • Siapkan diri dengan baik. Ibu mungkin perlu melakukan beberapa tes dan pemeriksaan USG untuk memastikan kehamilan. Maka dari itu, persiapan yang baik sangat diperlukan, termasuk fisik dan mental.

Ini dia Dokter Spesialis Kebidanan & Kandungan
di RS Mulia Pajajaran

Biar dr. Lia kasih tau ya Muliavers ini dia dokter – dokter kandungan dan kebidanan yang berpengalamandi RS Mulia Pajajaran

dr. Khrisna Pradana P., Sp. OG
dr. Ajeng Normala, Sp. OG
dr. V.B Haryanto, Sp. OG
dr. Ieke Harsya Barliana, Sp. OG