ikedawds

Perina, NICU dan PICU

PERINA adalah ruang perawatan untuk bayi dengan kondisi yang kurang baik dan memerlukan observasi lebih lanjut, sehingga memerlukan penanganan dan perawatan khusus agar bayi dapat diselamatkan dan mempunyai kualitas hidup yang baik. Fasilitas yang disediakan dalam ruang perinatologi disesuaikan dengan kebutuhan perawatan bagi bayi, mulai dari bayi baru lahir dengan resiko tinggi, bayi dengan kelainan bawaan sampai dengan bayi sakit.

PICU / Pediatric Intensive Care Unit adalah ICU untuk anak-anak.

PICU adalah ruang perawatan intensif yang dikhususkan untuk bayi di atas usia 1 bulan dan anak-anak berusia 1 hingga 18 tahun dengan kondisi kritis.

Kondisi berat akan berpotensi fatal pada bayi di atas usia 1 bulan dan anak-anak sampai dengan usia 18 tahun, sehingga apabila tidak ditangani akan menimbulkan kegawatan seperti asma parah, dehidrasi berat, perdarahan akibat cedera berat atau kecelakaan, sepsis, kegagalan fungsi organ, keracunan, dan meningitis.

Bayi dan anak-anak yang baru saja menjalani operasi besar juga biasanya perlu dirawat selama beberapa waktu di ruangan PICU.

Mirip dengan NICU, ruangan PICU juga dilengkapi berbagai peralatan medis untuk memantau dan merawat kondisi bayi dan anak-anak yang kritis, mulai dari inkubator, alat fototerapi, mesin ventilator, tabung oksigen, hingga alat kejut jantung khusus anak.

NICU / Neonatal Intensive Care Unit adalah ICU untuk bayi baru lahir dengan kondisi lemah, seperti : cacat bawaan (belum terbentuknya organ secara sempurna), gangguan pernafasan berat (menggunakan ventilator) dan bayi berat bedan rendah.

unit perawatan intensif ini disediakan khusus untuk bayi baru lahir dengan kondisi kritis atau memiliki gangguan kesehatan berat. Rentang usia pasien yang dirawat di ruang NICU ini adalah bayi baru lahir hingga bayi berusia 28 hari.

Beberapa kondisi yang membuat bayi membutuhkan perawatan di NICU adalah bayi yang lahir prematur, memiliki cacat bawaan yang berat, mengalami gagal napas, terkena infeksi parah (sepsis), menderita dehidrasi, atau mengalami perdarahan hebat.